Senin, 12 Desember 2011

57. MANQOBAH KELIMA PULUH TUJUH : SYEKH NAQSYABANDI MENERIMA TALKIN ZIKIR ISMUDZAT DARI SYEKH ABDUL QODIR



Syekh Abdullah Al Balko meriwayatkan dalam kitab Khawariqul Ahtab Fi Ma'rifatil Akhtob pada bab kedua puluh lima "Saya menerima berita dari Khowajaki Sarmasat ia mendengar pembicaraan guru-guru (para Syekh Kamilin) yang bertempat tinggal di negara Bukhori, mereka menceritakan bahwa Syekh Abdul Qodir Gaotsal 'Adhom pada suatu hari beliau berdiri diatas pagu, loteng sebuah rumah menghadap ke arah kawasan Bukhoro. Di sana beliau bersama-sama dengan jamaah ikhwan, beliau mencium wangi kemuliaan, lalu Syekh berkata "Nanti sepeninggalku pada masa seratus lima puluh tujuh tahun yang akan datang akan lahir seorang anak lelaki Qolandi Muhamadi nama lengkapnya Syekh Bahauddin Muhammad An-Naqsyabandi. Dia akan memperoleh limpahan nikmat keistimewaanku", dan hal ini terbukti seperti apa yang dikatakan Syekh.
Diriwayatkan pula, pada waktu Syekh Naqsyabandi setelah beliau menerima baiat pentalkinan dari gurunya As—Sayyid Amir Kulal, gurunya memerintahkan kepada Syekh Naqsyabandi agar thorekatnya itu dihayati dengan sungguh-sungguh, dengan menguatkan ingatannya kepada lsmul 'Adhom. Dirasakan oleh beliau bahwa Ismu Dzat itu masih labil belum mantap dalam hatinya sehingga timbul rasa cemas, lalu berangkatlah menuju suatu lapangan, kebetulan di sana beliau bertemu dengan Nabi Khidir a.s., setelah disambut dengan ucapan salam, Nabi Khidir a.s. berkata "Wahai Bahauddin, sesungguhnya Ismu Dzat itu telah sampai padaku, telah kuperoleh dari Syekh Abdul Qodir, oleh karena itu saya anjurkan padamu agar kami bertawajjuh rabithoh kepada Syekh Abdul Qodir untuk memperoleh keberkahannya".
 Pada malam harinya Syekh Bahauddin mimpi bertemu dengan Syekh Abdul Qodir, langsung beliau memberi isyarat dengan jari tangan kanannya ke arah dada Syekh Bahauddin, lalu beliau mencap mentalkin lsmul 'Adhom itu pada hatinya. Setelah ditalkin terasa kemantapan dan bisa menghayati sesuatu yang dicemaskan tadi. Keesokan harinya telah dikenal di kalangan masyarakat di tempat itu hal yang telah dialami Syekh Bahauddin, lalu mereka menanyakannya. Syekh Bahauddin menjawab "Sesungguhnya ini suatu pelimpahan dari segala kelimpahan suatu inayah, pada malam keberkahan itu, saya telah memperoleh limpahan kenikmatan dari Gaotsal 'Adhom dan pada malam itu saya melihat bertambahnya peningkatan kondisi mental kerohanianku". Pada masa itu telah mashur di kalangan masyarakat dan para wali bahwa Syekh Bahauddin telah dicap Ismudzat pada hatinya oleh Syekh Abdul Qodir. Demikian pula halnya Syekh Abdul Qodir mencap, mentalkin lsmul 'Adhom (Ismu Dzat) pada hati murid—muridnya.
Kemudian banyak para wali yang datang berkunjung kepada Syekh Bahauddin, mereka menanyakan tentang pandangannya atas perkataan Syekh Abdul Qodir "Qodamii ‘Alaa Roqobati Kulli Waliyulloh". Syekh Bahauddin menjawab "Sesungguhnya menurut pandanganku beliau itu bukan hanya sekedar memijak pundak, tapi "’Alaa ‘aeni au ’alaa Bashirotti" (Memijak pada mataku atau pada mata hati nuraniku).

56. MANKOBAH KELIMA PULUH ENAM; SYEKH ABDUL QODIR MELAKSANAKAN KEGIATAN IBADAHN YA DAN WIRID YANG BELIAU BACA



Diriwayatkan, para ulama menerangkan bahwa Syekh Abdul Qodir mempunyai murid yang tetap sebanyak enam puluh orang. Mereka belajar tiap hari, bagi mereka yang tidak mempunyai pena Syekh memberi hadiah baginya, dan mereka yang ingin mempunyai sejarah silsilah guru, beliau sendiri yang menulisnya. Apabila beliau batal dari wudu, beliau melaksanakan mandi wajib pengganti wudu. Pernah terjadi pada suatu malam beliau menderita sakit perut, sampai  lima puluh kalau beliau bolak-balik pergi ke kakus untuk qodo hajat, dan setiap balik itu selalu beliau melaksanakan mandi wajib. Adakalanya beliau langsung sendiri pergi ke pasar berbelanja untuk makanan fakir miskin, hal ini kalau terlihat pelayannya sedang istirahat. Syekh tidak merasa canggung bekerja seperti menumbuk, memasak makanan lalu membagikannya kepada fakir miskin.
 Syekh sangat menghormati para penziarah yang datang berkunjung kepada beliau. Jarang sekali beliau makan daging atau makan makanan yang serba enak dan mewah. Pribadi beliau sangat tawadu, ikhlas lillahi ta’ala. Beliau sering berbelanja ke pasar untuk memenuhi keperluan dan permintaan keinginan anak-anak. Karomah beliau jarang diperlihatkan atau dipamerkan kepada umum, malah seringkali disembunyikan. Pernah beliau berkata "Barang siapa yang memperlihatkan, memamerkan karomah, tiada lain ia hanya mengharapkan duniawiyahnya saja,  kecuali kalau diperintah Alloh, atau karena motivasi hikmah".
 Pada setiap hari beliau melaksanakan sholat sunnat seribu rokaat banyaknya, yang dibaca surat Mujammil. surat Rohman, bila membaca surat Al-lkhlas sekurang-kurangnya dibaca seratus kali. Setiap  melaksanakan sholat fardu diakhiri dengan khatarn al-Qur'an. Tiap malam beliau membaca Asma Arbainiyyah enam ratus kali banyaknya, demikian pula pada siang harinya. Seusai sholat Duha, sholat Asar, dan ba’da sholat Tahajud beliau membaea doa Safei, lalu beliau membaca Sholawat Kubro, Asmaul Husna. Asmaun Nabawi, dan setiap bacaan sebanyak seribu kali.

Sabtu, 10 Desember 2011

55. MANQOBAH KELIMA PULUH LIMA ; SYEKH ABDUL QODIR DENGAN LATIHAN-LATIHAN ROHANINYA



Setelah menyelesaikan studinya, beliau kian keras terhadap dirinya. Beliau mulai mematangkan diri dari semua kebutuhan dan kesenangan hidup. Waktu dan tenaganya tercurah pada sholat dan membaca al-Qur‘an. Sholat demikian menyita waktunya sehingga beliau sering sholat Subuh tanpa berwudu lagi karena belum batal.
 Diriwayatkan pula, beliau kerap kali tamat membaca al-Qur'an dalam satu malam. Selama latihan rohaninya ini, dihindarinya berhubungan dengan manusia, sehingga beliau tidak bertemu atau berbicara dengan seorang pun. Bila ingin berjalan-jalan, beliau berkeliling padang pasir. Akhirnya beliau tinggalkan Bagdad dan menetap di Syutsar, l2 hari perjalanan dari Bagdad.
Selama sebelas tahun beliau menutup diri dari keramaian dunia.  Akhir masa ini menandai berakhirnya latihannya. Beliau menerima Nur yang dicarinya. Dari sifat kehewanannya kini telah digantikan oleh wujud mulianya.

54. MANQOBAH KELIMAPULUH EMPAT : SYEKH ABDUL QODIR BERTEMU DENGAN WALI PEMBIMBING SYEKH HAMAD WALI BESAR PADA ZAMANNYA BELIAU



Selama belajar di Bagdad, karena sedemikian jujur dan murah hati, beliau mesti tabah menderita. Berkat bakat dan kesalehannya, beliau cepat menguasai ilmu pada masa itu. Beliau membuktikan diri sebagai ahli hukum terbesar di masanya. Tetapi kerinduan rohaniah yang mendalam dalam gelisah ingin mewujudkan diri. Bahkan dalam masa mudanya tenggelam dalam belajar. Beliau gemar mujahadah yakni penyaksian langsung akan segala kekuasaan dan keadilan Alloh melalui mata hatinya.
 Beliau sering berpuasa dan tidak mau meminta makanan dari seseorang, meski harus pergi berhari—hari tanpa makan. Di Bagdad beliau sering menjumpai orang-orang yang berpikir secara rohaniah dan bergaul dengan mereka.
 Dalam masa pencarian inilah beliau bertemu dengan Syekh Hamad, seorang penjual sirup yang merupakan wali besar pada zamannya. Lambat laun wali ini menjadi pembimbing rohani Syekh Abdul Qodir. Syekh Hamad adalah seorang wali yang sangat keras, karenanya diperlakukan sedemikian keras sufi yang sedang tumbuh ini. Namun calon Ghaots ini menerima semua ini sebagai koreksi bagi kecacatan rohaninya.

53. MANQOBAH KELIMA PULUH TIGA; SYEKH ABDUL QODIR WAFAT



Menjelang akhir hayat Syekh, malaikat Izroil datang mengunjungi Syekh di kala matahari akan terbenam ke peraduannya. Malaikat Izroil itu datang membawa surat dari Alloh SWT. Buat Syekh dengan alamat sebagai berikut
يصل هذا المكتوب من المحب الى المحبوب
 "Yashilu Hadzal Maktuubu Minal Muhibbi Ilal Mahbubi"(Surat ini dari Dzat Yang Maha  Pengasih disampaikan kepada wali yang dikasihi). Kemudian surat tersebut diterima oleh putranya yang bernama Sayyid Abdul Wahab, setelah diterima, masuklah dia bersama malaikat Izroil, sebelum surat  dihaturkan kepada Syekh, beliau sudah mengerti bahwasanya beliau akan pindah ke alam 'uluwi,alam tinggi yakni meninggal dunia.
Syekh berkata kepada putra—putranya. "Jangan terlalu dekat, supaya menggeser agak jauh, karena lahiriahnya aku bersama-sama dengan kamu, sedang batiniahnya aku bersama dengan selain kamu,  dan supaya diperluas ruang ini, karena hadir selain daripadamu, tunjukkan sopan santunmu. Siang dan malam harinya, tak henti-hentinya beliau  mengucapkan
وعليكم السلام  ورحمة الله وبركاته غفر الله لي ولكم تاب الله عليّ وعليكم  بسم الله غير مودعين
 "Wa 'alaikus Salam Warahmatullahi wabarakatuh  Gofarollohu Lii Walakum, Taa-ballahu alaiyya wa alaikum. Bismillahi gaeri Muu-di-'ina". Dan membaca
وادخلوا  في صفّ الأول أذا أجيء عليكم  رفقا رفقا وعليكم السلام أجيء إليكم
 " Wadkhuluu  fi shaffi-l  awwali. Idzan ajii-u Ilaikum. Rifqon Rifqon Wa 'alaikumussalaam Ajiu Ilaikum".
Dandibaca
قفوا  اتاه  الحقّ وسكرة الموت
 "Qifuu  Ataa—hul Haqqu Wa Sakaratul Mauti".
Beliau berpesan "Jangan ada yang menanyakan apapun kepadaku,   karena aku sedang bolak-balik dalam lautan ilmunya Alloh", lalu dibacakan                                                       
إستعنت بلاإله إله إلا الله  سبحانه وتعالى  والمحي اللذي لا يخش الفوت   سبحان من تعزز بالقدرة و قهر  عباده بالموت  لاإله إلا الله
لاإله إله إلا الله    سبحانه وتعالى  والمحي اللذي لا يخش الفوت   سبحان من تعزز بالقدرة و قهر  عباده بالموت  لاإله إلا الله  محمد رسول الله  تعزز تعزز الله الله الله...........

"Ista'antu Bi  Laa ilaaha illallohu, Subhanahuu Wata'ala Wal Muhyil-ladzi Laa Yakhsyal Fautu. Subhaana Man taaz-zaza Bil Qudrati Waqahri ’Ibaa-dahu Bil Mauti La Ilaa-ha Illallohu, Subhaa-nahu Wata'alaa Walhayyil-ladzi La Yakhsal gautsu, Subhaana Man taaz-zaza Bil Qudrotika Waqohri 'ibaa-dahu Bil Mauti Laa  i1aa-ha illallohu Muhammadur Rosulullohil Taaz-zaza. Ta‘az—zaza Allohu, Allohu, Allohu".
 Terdengar suaranya nyaring. lalu suara lembut tidak terdengar lagi, dan meninggallah Ridwanallahu ‘Anhu.
Syekh wafat pada malam Senin ba‘da lsya. pada tanggal 11 Rabi'u1Akhir tahun 561 Hijriyah (1166 Masehi ) pada usia 91 tahun.

Jumat, 09 Desember 2011

52. MANQOBAH KELIMA PULUH DUA PRAKTEK SHOLAT HAJAT DAN TAWASUL KEPADA SYEKH ABDUL QODIR



 Dalam kitab Bahjatul Asror, Syekh Abdul Qodlr Jaelani menerangkan. "Barang siapa yang bertawasul  minta pertolongan kepada-Ku dalam  kesusahan hidup, akan dihilangkan kesusahan itu. Barang siapa memanggil  namaku (istigosah) dalam kesulitan akan diberi kegembiraan. Dan barang siapa yang bertawasul kepadaku untuk  keperluan hidup akan dihasilkan maksudnya" . Barang siapa yang sholat sunat Hajat dua rokaat. pada tiap  rokaat  setelah membaca Fatihah  lalu  membaca surat lkhlas sebanyak sebelas  kali, jadi dalam dua rokaat itu sebanyak dua puluh dua kali surat\ _ lkhlas. Setelah mengueapkan salam terakhlr. lalu bersujud dan mengucapkan do’a  permohonan
1.     Minta diampuni dari segala dosa kesalahan;
2.     Mengucapkan  rasa  terima kasih atas nikmat yang telah diterima;
3.     Memohon semoga dihasilkan segala maksud/ cita-cita yang baik.
Setelah usai berdoa lalu berdiri menghadap ke kota Bagdad, dari  kita menghadap ke arah barat daya, lalu langkahkan kaki selangkah-selangkah, dan pada setiap langkah disebut maksudnya dan disebut  pula nama Syekh Abdul Qodir Jaelani, Insya Allah akan dihasilkan  maksudnya.
Bacaan  tiap langkah :
Langkah ke—l : يا شيخ محي الدّين عبد القادر الجيلاني     
"Ya, Syekh Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani"
Langkah ke—2 : يا سيد محي الدّين عبد القادر الجيلاني 
 "Ya, Sayyida Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani"
Langkah ke-3  :        يا مولانا  محي الدّين عبد القادر الجيلاني 
"Ya, Maulana MuhyiddinAbduI Qodir Jailani"
- Langkah ke-4 : يا مخدوم  محي الدّين عبد القادر الجيلاني 
"Ya, Makhduma Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani "
Langkah ke-5 : يا خاوجه   محي الدّين عبد القادر الجيلاني 
 "Ya, Khowajah Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani"
Langkah ke-6 : يا شاه  محي الدّين عبد القادر الجيلاني 
 "Ya, Syaah Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani"
Langkah ke-7 :    يا درس  محي الدّين عبد القادر الجيلاني    
 "Ya, Darrisa Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani"
Langkah ke-8 :     يا قطب محي الدّين عبد القادر الجيلاني   
 "Ya, Qutba Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani"
Langkah ke-9 :   يا سلطان محي الدّين عبد القادر الجيلاني   
"Ya, Sulthona Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani"
Langkah ke-10٠    يا غوث محي الدّين عبد القادر الجيلاني:
 "Ya, Gaotsa Muhyiddin Abdul Qodir Jaelani "
Langkahke-ll : يا سيّد السادات  محي الدّين عبد القادر الجيلاني
 "Ya, Sayyidas Saadaati Muhyiddin Abdul Qodir  Jaelani" ·
Lalu ditutup dengan doa :
أللهم لك الكل و بك الكل ومنك الكل و إليك  الكل وأنت الكل و كل الكل برحمتك يا أرحم الرحمين
Allohumma lakal kullu, wa bikal kullu, wa minkal kullu, wa ilaikalkullu, wa antal kullu, wa kullul kulli, birohmatika ya, arhamarrohimiin.
Kemudian membaea:
يا عبيد الله أغثني بإذن الله ويا شيخ الثقلين أغثني و أمددني في قضاء حواءجي     
 Ya ubaidalloh agisnii bi idznilah wa yasyaikhos sakolain agisnii waamdidniifi qo doi hawaaiji.
*Dalam praktek melangkah hendaknya disesuaikan dengan situasi tempat.
Keterangan ini tercantum dalam Sinthoris :
Sholat sunnat Hajat ini sebaiknya dilaksanakan setiap malam sebelum tidur atau setelah sholat Isya, yang diawali sholat Lisyukril Wudu (sholat sunnat Tohur), sholat Mutlak, sholat Istikhoroh, lalu  sholat surmat Hajat seperti di atas. 

Kamis, 08 Desember 2011

51. MANQOBAH KELIMAPULUH SATU ; WASIAT SYEKH ABDUL QODIR KEPADA PUTRANYA ABDUL ROZAK




Syekh Abdul Qodir telah berwasiat kepada putranya yang bernama Abdul Rozak. Beberapa wasiatnya di antaranya, "Wahai anakku, semoga Alloh senantiasa melimpahkan taufik dan hidayahNya bagimu dan segenap kaum muslimin.
‘ Wahai Ananda, ayah berwasiat “Bertakwalah kepada Alloh, pegang syara’ dan laksanakan dengan sebaik-baiknya dan  pelihara pula batas-batas agama. Ketahuilah bahwa thorekatku dibangun berdasarkan al-Qur'an dan sunnah Rosululloh SAW. Hendaknya kamu berjiwa bersih, dermawan, murah hati, dan suka memberi pertolongan kepada orang lain dengan jalan  kebaikan.
Kamu jangan bersikap tegar hati atau berlaku tidak sopan. Sebaiknya kamu bersikap sabar dan  tabah  menghadapi segala ujian dan  cobaan, serta musibah yang dihadapimu. Hendaknya kamu bersikap suka mengampuni kesalahan orang lain, dan bersikap hormat pada sesama ikhwan dan semua fakir miskin.
Jaga dan pelihara  olehmu  kehormatan guru—guru, dan berbuat  baiklah jika kamu bertemu dengan orang lain, beri nasihat yang baik bagi orang-orang besar tingkat kedudukannya, demikian  pula bagi masyarakat kecil di bawahmu. Jangan dibiasakan suka berbantah-bantahan dengan orang lain, kecuali dalam masalah agama.
Ketahuilah bahwa hakikat kemiskinan secara agama berupa  berupa ketidakbutuhan akan ciptaan, semisal diri. Tasawuf dicapai lewat kelaparan dan  pantangan dari hal-hal yang disukai dan dihalalkan, dan  pribadi  yang bersikap tidak banyak bicara apalagi besar mulut.
 Jika kamu berhadapan dengan orang miskin, jangan berpintar  diri. Jangan dimulai dengan ilmu, sebab unjuk ilmu membuatnya tak senang, dan  ia akan jauh darimu. Sebaliknya, hendaklah dimulai dengan  kasih sayang. bersikap lembut karena kelembutan membuatnya senang dan lebih dekat padamu. Tasawuf   itu dibangun di atas kerangka landasan yang kokoh pada  delapan hal yakni : 1) kedermawanan; 2) rido / pasrah, merasa senang menghadapi kegetiran qodo dan qodar; 3) sabar; 4) isyarat /memberi  petunjuk; 5) mengembara / melanglangbuana; 6) berbusana wool/bulu; 7) pelintas rimba belantara / rimbawan; dan 8) fakir / bersahaja, sederhana.
 Kedelapan nilai moral itu telah dimiliki oleh : 1) kedermawanan  Nabi Ibrahim; 2) keridoan, epasrahan Nabi Ishak; 3) kesabaran Nabi Ayub; 4) isyaratnya Nabi Zakaria; 5) berlanglangbuana seperti Nabi  Yusuf; 6) berbusana wool seperti Nabi Yahya; 7) rimbawannya Nabi Isa; dan 8) kefakiran, kesederhanaan Nabi Muhammad SAW.
Bila kamu berkumpul bersama-sama dengan orang kaya, perlihatkan  kegagahan  dan  keberanianmu, namun  sebaliknya perlihatkan kerendahan hati bila kamu berkumpul dan bergaul dengan orang  miskin. Hendaknya kamu mengikhlaskan diri dalam setiap laku  perbuatan, dan kegiatan. Seharusnya bermudawamah dzikrullah, artinya tiada putus-putusnya mengingat Alloh. Kamu jangan berprasangka buruk kepada Alloh dalam segala situasi dan kondisi apapun. Demikian pula harus berserah diri kepada Alloh dalam segala tindak perbuatan. Jangan menggantungkan diri kepada orang lain, percayalah kepada kemampuan dirimu sendiri, baik terhadap  keluarga maupun teman sejawat.
 Layani, dan selalu perhatikan para fakir miskin, terutama dalam  ti ga hal yakni: pertama, bersikap tawadu (merendahkan diri); kedua berbudi pekerti yang baik dan mulia, dan ketiga, kebeningan hati, dan mengekang hawa nafsu, agar kelak kamu   menjadi hidup.  Perhatikan olehmu, bahwa yang paling dekat kepada Alloh ialah  orang yang berbudi·pekerti yang luhur. Dan amal yang paling utama, ialah memelihara hati dari melirik kepada yang lain, selain hanya kepada Alloh saja. Bila kamu bergaul bersama orang miskin berwasiatlah dengan jalan  kebenaran dan kesabaran.
 Tentang  masalah dunia, kiranya cukup bagimu dua hal : pertama bergaul dengan orang miskin, kedua menghormati wali. Selain dari  pada Alloh, segala sesuatu  itu  jangan dipandang cukup, menyerang dibawahmu adalah pengecut, berlagak gagah  terhadap sesama, adalah  lemah, dan berlaku sombong kepada orang yang lebih tinggi kedudukannya, menunjukkan ketidaksopanan.
 Ketahuilah, bahwa Tasawuf dan fakir merupakan dwi tunggal kebenaran  yang  hakiki, bukan bercanda atau main-main. Oleh karena itu jangan dicampur dengan bercanda. Sekianlah wasiat ayahanda padamu. semoga Alloh senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya padamu dan pada murid-muridku atau siapapun yang mendengar wasiat yang disampaikan ini, semoga dapat mengamalkannya dengan diiringi keagungan dan syafaat jungjungan kita Nabi Muhammad SAW., Amin Ya Robbal ‘alamin".

50. MANQOBAH KELIMA PULUH ; SYEKH ABDUL QODIR DIMINTA MEMBERIKAN BUAH APEL OLEH RAJA BAGDAD BUKAN PADA MUSIM BERBUAH




Diriwayatkan, pada suatu hari raja Bagdad datang berkunjung kerumah Syekh Abdul Qodir dengan maksud meminta karomah beliau untuk ketentraman hatinya. Syekh berkata "Kiranya apa saja yang perlu saya bantu ?". Dijawab oleh sang raja, "Saya minta buah apel". Sedangkan pada waktu itu, buah apel belum musimnya berbuah. Lalu  tangan beliau diangkat ke atas, pada waktu diturunkan kembali tangannya menggenggam  buah apel, yang sebuah diberikan kepada raja, dan yang sebelah lagi dibelah oleh beliau sendiri.
 Pada waktu sang raja membelah dan mengupas apel ternyata didalamnya penuh dengan ulat-ulat (belatung) yang menjijikan. Lalu raja bertanya, "Mengapa buah apel ini penuh dengan belatung ‘?" Syekh menjawab "Yah, karena buah itu telah dipegang oleh tangan kotor kedurhakaan". Mendengar penjelasan dari Syekh, raja terkejut lalu dibacanya istigfar, kemudian ia bertobat di hadapan Syekh. Untuk perkembangan selanjutnya, raja Bagdad itu menjadi mitraSyekh sampai ia mangkat.

49. MANKOBAH KEEMPAT PULUH SEMBILAN ; RAJA BAGDAD MEMBERI HADIAH UANG KEPADA SYEKH ABDUL QODIR, UANG ITU BERUBAH MENJADI DARAH



Diriwayatkan, raja Bagdad yang bemama Yusup bin Abi Mudhoffar memberi hadiah kepada Syekh Abdul Qodir berupa se puluh pundi-pundi uang yang diantarkan oleh sepuluh kawula pengawalnya, namun hadiah  itu tidak diterima Syekh. Akhirnya raja itu sendiri terjun datang kepada Syekh sambil berkata "Saya sengaja datang ke sini untuk memberi hadiah bagi Syekh berupa sepuluh pundi uang, jangan sampai tidak diterima". Lalu Syekh mengambil  dua pundi sambil dipijit-pijit pundi uang itu dengan tangan beliau, tiba—tiba terpancarlah dari pundi, uang itu mengalir keluar. Syekh berkata, "Coba lihat pundi itu isinya bukan uang melainkan darah manusia melulu, hasil dari pemerasan manusia terhadap manusia, bagaimana mungkin saya harus menerima hadiah ini?" Menyaksikan kejadian itu, sang raja merasa malu tersipu—sipu.

 Syekh berkata "Dengan adanya peristiwa ini, demi dzat keagungan Alloh, kalau sekiranya nasib keturunanku, silsilahnya tidak sampai menyambung kepada Rosululloh SAW. pasti darah ini akan mengalir menjadi sungai, dan darah itu nantinya akan mengalir ke rumahku".

Senin, 05 Desember 2011

48. MANKQOBAH KEEMPAT PULUH DELAPAN ; SYEKHABDUL QODIR MENAMPAR SYETAN




Pada suatu hari, Syekh Abdul Qodir didatangi syetan, sosok tubuhnya buruk menjijikan, pakaiannya compang—camping dan badannya bau busuk lalu ia berucap "Saya datang jauh-jauh untuk menghadapmu semata—mata dengan maksud menjadi pelayan Syekh.  Semoga saya dapat diterima". Permintaannya itu diacuhkan Syekh, lalu ditampar mukanya, seketika itu juga ia menghilang tanpa bekas. Saat muncul lagi, ia membawa obor yang menyala, maksudnya ingin membakar Syekh. Lalu beliau mengambil pedang dan ketika akan dilepas, ia kabur terbirit—birit. Tidak lama kemudian ia datang lagi sambil menangis pura-pura minta ampun tidak akan menggoda lagi, padahal diam-diam ia memperlihatkan peralatan untuk menggoda manusia. Syekh berkata "Enyah kamu!Berkali-kali kamu datang lagi menggodaku, dan aku tidak akan terpedaya dengan rayuan gombalmu". Lalu dengan cepat beliau merampas alat-alat itu dari tangan syetan dan diredamnya. Akibat kegagalan usahanya, syetan itu kabur.

47. MANQOBAH KEEMPAT PULUH TUJUH; SYEKHABDUL QODIR DIGODA SYETAN




Diriwayatkan, bahwa pada suatu hari syetan menghadap Syekh Abdul Qodir, memperkenalkan diri sebagai Jibril. dan berkata bahwa ia membawa buroq dariAlloh dan mengundangnya untuk menghadap Alloh di langit tertinggi. Syekh segera menjawab bahwa si pembicara tiada lain selain syetan si iblis, karena baik buroq maupun Jibril tiada akan turun ke dunia selain turun kepada Nabi Muhammad SAW. Syetan masih punya cara lain, katanya : "Baik Abdul Qodir, engkau telah menyelamatkan diri dengan keluasan ilmumu". "Enyahlah !", bentak Syekh "Jangan kau goda aku, dan bukan karena ilmuku, tapi karena rahmatAlloh, aku selamat dari perangkapmu".
            Ketika Syekh sedang di rimba belantara, tanpa makan dan minum untuk waktu yang lama, awan menggumpal di angkasa, dan turunlah hujan. Syekh meredakan dahaganya dengan curahan hujan itu. Muncullah sosok terang di cakrawala dan berseru "Akulah Tuhanmu, kini kuhalalkan bagimu segala yang haram". Syekh berkata "Aku berlindung kepada Alloh dari godaan syetan yang terkutuk". Sosok itupun berubah menjadi awan, dan terdengar berkata "Dengan ilmumu dan rahmat Alloh, engkau selamat dari  tipuanku, padahal aku telah menggoda dan menyesatkan tujuh puluh orang yang sedang menuntut ilmu Ketauhidan". Lalu muridnya bertanya tentang kesigapan Syekh dalam mengenal bahwa ia syetan. Jawaban beliau dengan pernyataan yang menghalalkan segala yang haram yang membuatnya tahu. sebab pemyataan semacam itu tentu bukan dari Alloh

Minggu, 04 Desember 2011

46. MANQOBAH KEEMPAT PULUH ENAM ; KEBERADAAN, PERWUJUDAN, SYEKH ABDUL QODIR ADALAH WUJUD NABI MUHAMMAD SAW



Syekh Abdul Qodir berkata "Haadzal Wujuud Wujuudu Jaddi LaWujuuduAbdul Qodir" (Keberadaan/ perwujudanku ini adalah wujud kakek moyangku Nabi Muhammad SAW. bukan wuj ud Abdul Qodir)
Para ulama meriwayatkan bahwa pada suatu hari, Syekh berangkat pulang menuju rumah beliau. Di belakang beliau diikuti sang putra Abdul Jabbar. Sesampainya di rumah, Abdul Jabbar tidak melihat bahwa ayahnya itu berada di rumah, lalu ditanyakan kepada ibunya, "Tadi saya berjalan mengikuti ayah ke sini, pada waktu sampai di ambang pihtu saya tidak melihat ayah masuk ke dalam rumah". Ibunya berkata "Sebenamya ayahmu itu sudah lima belas hari tidak pulang-pulang ke rumah". Lalu Abdul Jabbar berangkat menuju tempat berkhalwat ayahnya, terlihat pintunya terkunei, ia berkeyakinan pasti ayahnya itu ada di ruang khalwat. Di ambahg pintu ruang khalwat lama ia menunggu sampai tengah malam.
 Pada pertengahan malam, baru pintu ruang khalwat itu dibuka oleh Syekh sambil beliau berkata "Menurut penglihatan orang banyak, ayah berangkat menuju rumah, padahal masuk ke ruang khalwat ini, sama seperti penglihatanmu tadi".
Kemudian Abdul Jabbar bertanya kepada ayahnya "Rosululloh bila beliau qodo hajat atau buang air kecil, seketika itu juga bumi menghisapnya sehingga tidak ada bekasnya. Keringatnya harum semerbak seharum minyak kasturi, dan lalat pun enggan hinggap pada badan beliau. Semua yang saya sebut terbukti khususiah, keistimewaan itu sekarang ada pada ayah".
Syekh menjawab "Sesungguhnya Abdul Qodir telah fana secara konstan pada kelestarian diri kakek moyangnya, Nabi Muhammad SAW." Lalu Abdul Jabbar berkata lagi "Nabi Muhammad bila beliau berjalan biasanya dipayungi awan berarak, rasanya tidak ada salahnya ayah juga kalau berjalan dipayungi awan ?" Beliau menjawab "Hal itu sengaja kita tinggalkan, jangan sampai nanti disangka menjadi Nabi".

Kamis, 01 Desember 2011

45. MANQOBAH KEEMPAT PULUH LIMA; SYEKH ABDUL QODIR MENYELAMATKAN MURIDNYA DARI API DUNIA DAN AKHIRAT



Syekh Miyan Udhmatulloh dari golongan Imam Ulama Arifin berkata "Di negeriku Burhaniyu, saya bertetangga dengan seorang kaya. Ia beragama Hindu penyembah api (agni), namun ia sangat rindu cinta kepada Syekh Abdul Qodir.
Setiap tahun diundang para pejabat pemerintah, para ulama, dan tidak terkecuali para fakir miskin. untuk berpesta bersuka ria, makan bersama di rumahnya. Untuk lebih semarak lagi, rumahnya dihiasi dengan dekorasi yang beraneka ragam wama keindahannya, ditaburi dengan bunga-bunga yang harum semerbak serta minyak yang harum mewangi. Tujuan diadakan pesta itu semata—mata terdorong rasa cinta mahabah kepada Syekh, malah ia merasa bangga mengaku menjadi muridnya. Rupanya ajal telah tiba baginya, dan setiap jiwa harus merasakan mati. Pada waktu mati, keluarganya merawat mayat itu sesuai dengan keyakinannya yaitu tata cara agama Hindu, si mayat harus dibakar. Timbul keanehan, di luar kebiasaan sosok mayat itu tidak hangus terbakar menjadi abu, bahkan sehelai rambutpun tidak lenyap dimakan api. Akhirnya keluarganya sepakat bahwa mayat itu lebih baik dihanyutkan ke sungai.
Menghadapi kejadian ini, di negeri tersebut berdiam seorang  wali. Pada malam harinya ia bermimpi dikunjungi Syekh. Beliau berpesan "Mayat orang Hindu yang te·rapung—apung dihanyutkan air itu ialah muridku, dan ia telah diberi nama Sa‘dulIah, supaya ia segera  diangkat dari sungai dan dikubur sebagaimana mestinya menurut kewajiban dan ketentuan agama Islam karena ia seorang muslim.
 Mengapa sosok mayat itu tidak lenyap dimakan api sehingga api tidak mempan untuk membakarnya? Hal ini tiada lain karena Alloh telah berjanji padaku bahwa Alloh tidak akan membakar murid-muridku baik dari dunia maupun api neraka.



اللهم انشر عليه رحمة و رضوانا         XXXX    وأمدنا بأسراره في كل وقت ومكان

Allohummansyur ‘alaihi rohmatau waridhwana
Wa amiddana bi asrorihi fii kulli waqtiu wamakaan

44. MANQOBAH KE EMPATPULUH EMPAT ; BERKAT SYAFAAT SYEKH ABDUL QODIR, WALI YANG MARDUD (DITOLAK) DAPAT DITERIMA KEMBALI MENJADI WAI MAQBUL (DITERIMA)



            Diriwayatkan dalam kitab Malfudhul Ghoyyatsiyyah pada zaman Syekh Abdul Qodir adaseorang wali yang dikeluarkan, dilepas oleh Alloh dari pangkatkewaliannya. Umumnya masyarakat telah mengetahui tentang ditolaknya wali tersebut oleh Alloh, telah tercatat dari daftar waliyulloh. Namun ia berusaha dengan sekuat tenaga,dengan didukung oleh semangat juang tinggi, minta bantuan dan syafaat rekaan-rekannya. Sebanyak tiga ratus enam puluh wali, merasakan rasa solidaritas mengajukan permohonan kepada Alloh agar ia dapat diangkat kembali dan diterima disisiNya. Merasakan nasib malang yang diderita rekannya itu, seluruh wali yang tiga ratus enampuluh  orang itu mereka bersama-sama bermunajat mengadukan halnya,berdo’a memohon kepada Alloh supaya rekannya wali yang dilepas itu diangkat kembali menjadi waliyulloh. Namun dari seluruh permohonan mereka itu, tidakada seorangpun do’anya yang diterima Alloh.
            Maka untuk meyakinkan lagi para waliyyulloh itu masing-masing melihat ketentuan suratan yang tertulis di Lauhil Mahfudz, ternyata tampak dengan jelas tertulis bahwa wali rekannya itu sudah disatukan dengan kelompok orang-orang celaka. Atas kesepakatan bersama dianjurkan supaya ia dengan segera menghadap Syekh Abdul Qodir untuk memohon syafaatnya. Lalu dengan merendahkan diri ia menghadap Syekh, beliau berkata “Mari sini lebih dekat lagi, sesungguhnya Alloh telah mencopot pangkat kewalianmu ! mudah-mudahan aku bisa mengusahakan, dan menjadikan agar kamu dapat diterima kembali menjadi waliyulloh dengan ijin Alloh.
            Kemudian Syekh berdo’a kepada Alloh, mohon supaya wali yang ditolak itudapat diangkat kembali, diterima menjadi waliyulloh. Dikala itu datang hatif dari Yang Maha Kuasa “Wahai Abdul Qodir,ada tiga ratus enam puluh orang wali mereka berdo’a minta pertolongan untuk wali yang Kutolak itu, dan tidak seorang pun do’a permohonannya yang Ku terima, sebab wali itu telah tertulis di Lohmahfud termasuk orang yang celaka”. Syekh menjawab” ya Alloh, apa halangannya, Engkau Maha Kuasa, siapa yang ditolak, Engkau dapat menerimanya, demikian pula siapa yang di terima Engkau bisa saja menerimanya, dan mengapa lidahku Engkau jadikan supaya aku bisa menyanggupi orang, bahwa ia dapat diterima, bila Engkau telah memutuskan dan menjadikan orang itu ditolak”  
            Kemudian dating hatip Alloh bersabda:”Wahai Abdul Qodir sekarang silahkan siapa yang dianggap olehmu ditolak akan Ku tolak, dan Aku serahkan padamu dengan tugas untuk mengangkat dan memberhentikan dari pangkat kewalian”. Lalu syekh berkata kepada wali mardud itu:” segera kamu membersihkan diri, mandi tobat, karena kedudukanmu sekarang sudah di angkat kembali menjadi waliyyulloh.

اللهم انشر عليه رحمة و رضوانا         XXXX    وأمدنا بأسراره في كل وقت ومكان

Allohummansyur ‘alaihi rohmatau waridhwana
Wa amiddana bi asrorihi fii kulli waqtiu wamakaan